Monthly Archives: May 2011

Summary dari kuliah Creativity and Innovation

Ternyata kuliah Creativity and Innovation gw berakhir *terharu*. Sungguh kuliah ini kasih gw banyak banget manfaat, terutama dalam mengembangkan fungsi otak, yang mungkin udah jenuh kali ya sama hitung hitungan dan lain lain. Manfaat yang gw rasain kaya gini sih:

1. Kuliah ini ngajarin gw untuk bermimpi

Yup memang bermimpi, tapi mimpi tuh gak sepenuhnya jelek lho. Kadang kala banyak orang bilang “Jangan Mimpi” kepada kita supaya kembali ke pekerjaan kita sekarang. Eits, jangan salah, mimpi justru membawa kita ke angan angan yang lebih tinggi, yang memang pekerjaan kita mungkin tidak selesai saat itu juga, namun kita jadi memiliki target dan impian kedepan untuk menjadi apa dan mempunya apa.

2. Kuliah ini ngajarin gw untuk berpikir kritis

Yups, berpikir kritis tidak melulu melalui debat lho. Dengan kita mengungkapkan isi kepala kita di media masa seperti blog ini, kita diharuskan berpikir lebih dalam, sehingga kata kata kita dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat dan syukur syukur jika bisa menjadi inspirasi

3. Dan gak ketinggalan juga, kuliah ini ngajarin gw untuk belajar mengolah kata

Eits jangan salah, kadang kala jika kita membaca sesuatu kita merasa bahwa “tulisan ini cemen”, “gw juga bisa bikin kaya gini”. Menulis jujur aja susah terutama dalam milih kata kata yang tepat untuk diterima segala kalangan masyarakat. Kita aja hidup bertetangga, apalagi nulis di dunia maya yang tetangga nya banyak dan hanya butuh koneksi internet untuk membaca tulisan kita.

Tapi semua ini gak akan terbentuk kalo gak ada yang memotivasi dan memulai. Jadi siapa sih yang membantu gw bisa kaya gini?

Yak, namanya Agus Nggermanto, seorang dosen dari mata kuliah Creativity and Innovation yang selalu memotivasi kita untuk menulis dan berkarya. Terima kasih banyak pak Angger


Kopi Aroma, The Living Legend Goes International

Pernahkan kalian terbayangkan, sebuah pabrik kopi di kota Bandung, Jawa Barat yang sangat terkenal dan melegenda di kalangan pecinta kopi? Yuk, pabrik tersebut memang benar benar ada dan masih bertahan sampai sekarang. Pabrik tersebut ialah Kopi Aroma.

Terletak di Jalan Banceuy, sebuah jalan perkotaan di kota Bandung yang selalu ramai oleh aktivitas lalu lintas maupun perdagangan, berdirilah sebuah pabrik yang membaur dengan pertokoan yang ada di sekitar Jalan Banceuy dimana keberadaannya sangat sulit untuk dikenali jika baru pertama kali mengunjungi nya.

Namun biarpun toko tersebut sangat sulit untuk dicari, namun masyarakat sangat antusias untuk mencoba kopi spesial buatan Kopi Aroma ini yang konon kabar nya kopi tersebut sangat berbeda dan baik untuk kesehatan kita, tidak seperti kopi kopi bubuk lainnya. Tidak peduli hari libur atau hari kerja, Kopi Aroma selalu laris dibanjiri oleh pelanggan yang membeli kopi, baik untuk pemakaian pribadi maupun untuk oleh oleh dari kota Bandung.

Apa sih Kopi Aroma itu?

Kopi Aroma merupakan sebuah pabrik dan toko kopi kuno, yang terletak di Jalan Banceuy no 51 Bandung. Kopi Aroma didirikan oleh Tan Houw Sian sebagai pemilik pertama pada tahun 1930an dan menjadi sebuah bisnis yang sukses. Hingga saat ini, Kopi Aroma telah dipegang oleh generasi ketiga nya yang bernama Widya Pratama.

Kopi Aroma dapat terkenal karena semenjak dahulu mereka mempunyai cara tersendiri untuk mentreatment kopi mereka sehingga siap untuk disantap pelanggannya. Treatment Kopi Aroma tidak sama dengan pembuat kopi lain yang ada di dunia ini. Setiap kopi yang datang ke pabrik akan mereka simpan selama 5 tahun untuk kopi Robusta, dan 8 tahun untuk kopi Arabica, tidak seperti perusahaan lain yang langsung meroasting kopi yang masih baru dipetik alias masih hijau. Hal ini dikarenakan Widya Pratama, sebagai pemilik Kopi Aroma pernah mempelajari ilmu tentang kopi sampai ke Amerika Serikat dan telah lama dibuktikan bahwa kopi yang baru dipetik akan mengandung getah yang tidak baik untuk tubuh.

Saat meroasting kopi nya pun, kopi aroma masih menggunakan cara yang tradisional yaitu menggunakan kayu bakar. Walaupun menggunakan kayu bakar akan memperlama proses pembakaran menjadi sekitar 4 – 8 jam, Widya tetap lebih memilih cara ini, karena ketika meroasting menggunakan gas, apinya akan berwarna biru dimana akan terlalu panas untuk biji kopi, dan bau gas nya akan merusak bau asli dari kopi tersebut. hal ini membuktikan bahwa Widya tidak mengejar keuntungan semata, namun dia tetep mementingkan kepuasan pelanggan yang menurut dia akan membawa banyak berkat di kemudian hari.

Namun sesibuk apapun, dan sebanyak apapun pelanggan yang mengantri di Kopi Aroma, para pekerja di Kopi Aroma akan tetap ramah dan menanyakan seperti apa keinginan para pelanggan. Kita dibebaskan memilih apakah kopi yang kita beli berupa biji, bubuk kasar, atau bubuk halus, dan mereka akan menggilingkan kopi yang baru jadi supaya tetap segar ketika dibeli oleh pelanggan.

Harga per bungkus nya pun tidaklah mahal. Hanya dengan uang sekitar 15 ribu saja, anda bisa mendapatkan 1 bungkus kopi bubuk seberat 250gr. Dengan kualitas yang sudah terbukti sejak puluhan tahun ini, kadang kala para pelanggan bertanya tanya, apakah memang sepadan, harga yang begitu murah nya dengan kualitas yang sangat baik. Namun jawaban dari pemiliknya, Widya, sangat sederhana. Dia menjawab bahwa ia sudah hidup berkecukupan hanya dengan keuntungan dari biasa nya, dan ia pun tidak mengejar uang, namun kepuasan pelangganlah yang menjadi prioritas dari pekerjaannya.

Lalu mengapa Kopi Aroma?

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, Kopi Aroma memiliki proses treatment yang berbeda dibandingkan dengan pabrik kopi lainnya, hal ini menjadikan Kopi Aroma unik dan produknya akan banyak dicintai apabila mudah didapatkan di berbagai belahan dunia.

Namun, terpisah dari teknik yang digunakan oleh Kopi Aroma, kopi sendiri memiliki berbagai macam manfaat yang sudah dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan banyak orang yang menjadi tertarik untuk menikmati kopi setiap hari. Manfaat dari kopi antara lain meningkatkan perhatian dan daya ingat seseorang, meningkatkan performa fisik dan daya penyembuhan otot, mengurangi resiko sakit jantung dan sakit liver, dan dapat menekan pertumbuhan sel kanker pada tubuh secara bertahap. Jadi keliatan kan, manfaat positif yang banyak diberikan dari mengkonsumsi kopi setiap harinya.

Innovation dan Business Model Kopi Aroma

Kopi tentunya sudah banyak bisa ditemukan di berbagai belahan dunia, dan banyak orang di berbagai belahan dunia pula yang sudah pernah merasakan apakah itu kopi. Tentunya Kopi Aroma membutuhkan sebuah innovasi yang baik, namun sekaligus tidak mempertinggi harga kopi yang ditawarkan. Harga yang murah yang menjadi kekuatan dari Kopi Aroma tentunya akan tetap dipertahankan.

Oleh karena itu Kopi Aroma akan menyediakan berbagai macam kopi yang didapat dari berbagai macam belahan dunia untuk mendapatkan pilihan rasa yang lebih banyak dan membuat tertarik banyak orang. Kopi yang akan disajikan antara lain berasal dari negara Brazil, Colombia, Mexico, Honduras, Costa Rica, Nicaraguay, Papua New Guinea, Madagascar, dan tentu saja Indonesia, karena kopi kopi tersebut memiliki berbagai rasa yang berbeda da memiliki ciri khas tersendiri. Namun fokus kami akan berada pada kopi buatan Indonesia karena masyarakat di luar negeri pun sangat antusias dengan kualitas kopi yang dihasilkan di Indonesia.

Tapi tenang, ongkos kirim bukan kendala untuk harga jual yang murah

Yup benar sekali, ongkos kirim tidak akan pernah menjadi kendala bagi Kopi Aroma karena jika anda ingat di bagian atas dari tulisan ini, Kopi Aroma memiliki spesial treatment untuk setiap kopa yang datang yaitu akan digudangkan selama 5 sampai 8 tahun. Jadi pengiriman biji kopi dari berbagai belahan dunia ini dapat diakali dengan pengiriman melalui laut yang memang memakan waktu lama tetapi paling murah.

Supaya kopi tetap fresh ketika tiba di tangan pembeli, maka yang akan dikirim melalui ekspedisi laut adalah biji kopi yang masih hijau sehingga masih dibutuhkan waktu bertahun tahun sampai bisa di roasting. Dan tak lupa, Kopi Aroma pun memiliki gudang gudang penyimpanan di berbagai negara untuk memudahkan transportasi di negara tersebut. Proses pemanggangan dan penggilingannya pun akan dilakukan di negara setempat sehingga kopi yang disajikan akan tetap fresh.

Key Partners

Para petani perkebunan kopi di seluruh dunia akan menjadi partner dan supplier kami, namun kita tetap akan memfokuskan pada kopi yang dihasilkan di Indonesia

Key Activities

Kopi Aroma akan menyediakan kopi yang baik untuk  kesehatan, berkualitas tinggi, dan tetap fresh ketika tiba di tangan customer.

Key Resources

Sumber sumber biji kopi yang akan diproses Kopi Aroma ini akan didapat dari berbagai belahan dunia seperti Brazil, Mexico, Guatemala, dll, namun biji kopi yang akan banyak digunakan adalah biji kopi yang dipetik oleh para petani di Indonesia seperti Sumatra, Jawa, kalimantan, dll.

Value Propositions

A cup of good coffee, made by heart from the very best

Seperti statement diatas, Kopi Aroma tentunya menekankan kualitas dari kopi yang dia hasilkan sehingga pelanggan tidak akan kecewa dengan kopi yang mereka beli di tempat itu. Semua kopi dibuat dengan “hati” dan “cinta” dimana ketelitian dan kesabaran menjadi kunci utama pembuatan kopi ini.

Customer Relationships

Website resmi.

Channels

Kopi Aroma dapat dibeli di pabrik, dan sekaligus toko yang ada di setiap negara di seluruh penjuru dunia. Namun beberapa cafe yang ada di seluruh penjuru dunia juga dapat menyajikan kopi dari Kopi Aroma dalam segelas kopi. Kami juga menyediakan jasa delivery yang dapat diproses melalui line telephone atau melalui website resmi kami.

Customer Segments

Pelanggan dari Kopi Aroma ini tidak lain dan tidak bukan adalah pecinta kopi, namun siapapun anda, dimanapun anda berada, apapun pekerjaan anda, anda juga bisa menjadi pelanggan dari Kopi Aroma ini. Harga kopi yang murah, dan kualitas yang begitu baiknya membuat siapapun dapat menikmati kopi yang dibuat dengan “hati” ini.

Cost Structures

Pengeluaran dari Kopi Aroma pertama tama akan banyak pada penyewaan atau pembelian lahan yang digunakan sebagai gudang dan pabrik di berbagai negara. Lalu ongkos kirim biji kopi dari berbagai belahan negara juga akan menjadi biaya operasional yang cukup besar. Biaya operasional lainnya akan berasal dari tagihan telephone, maintenance alat alat, dan website

Revenue Streams

Pemasukan dari Kopi Aroma akan banyak dari keuntungan penjualan setiap bungkus kopi setiap harinya

Conclusions

Walaupun harga yang sangat murah yang telah dipatok oleh Kopi Aroma di negara Indonesia ini, keuntungan dari Kopi Aroma dengan membuka cabang di berbagai negara akan lebih besar dibandingkan ongkos yang harus keluar pertama kalinya. Hal ini disebabkan harga yang dipatok di luar negeri dapat ditinggikan mengingat kualitas yang tinggi, maka harga pun akan sebanding. Dan masyarakan dunia pasti akan antusias sekali dengan kopi yang sehat yang dihasilkan oleh Kopi Aroma sehingga menjadikan Kopi Aroma sebuah bisnis yang sangat maju.