Apple: The Crazy Company Ever Existed

Kalo kita denger kata apple, apa sih yang muncul di kepala kita? Jawabannya pasti

1. Buah Apel

dan

2. Apple Inc.

Yups, tapi kali ini gw gak akan membahas tentang buah apel. Yang akan gw bahas adalah Apple Inc. yang menurut gw merupakan perusahaan “gila” yang pernah dibentuk.

Apple Inc. pertama kali ditemukan pada bulan April 1976 di Cupertino, California, USA oleh 3 orang founder bernama Steven Paul Jobs (Steve Jobs), Stephen Gary Wozniak (Steve Wozniak), dan Ronald Gerald Wayne (Ronald Wayne)

Sejak dibentuk tahun 1976, Apple Inc. sudah merubah logo perusahaan mereka sebanyak 3 kali

Produk pertama mereka, yang disebut Apple-1 diciptakan oleh Steve Wozniak dan pertama kali didemonstrasikan bulan April 1976 di Homebrew Computer Club yang merupakan kelompok pecinta komputer dan IT yang berada di daerah Silicon Valley. Steve Jobs lah yang memberikan ide kepada Steve Wozniak untuk menjual produk pertama mereka yang laku seharga $666.66.

Apple Technology

Ketika Apple Inc. menciptakan “Personal Computer” yang diberi nama Macintosh pada tahun 1984 yang diberikan GUI (Graphical User Interface), Apple Inc. mulai menciptakan “Operating System” yang diberi nama Mac OS. Macintosh ini merupakan kunci kesuksesan dari Apple Inc.

Pada Bulan Januari 2007, Apple Inc. kembali membuat gebrakan baru lagi bernama iPhone yang merupakan sebuah smartphone yang menggunakan “Operating System” buatan Apple Inc. yang diberi nama iOS.

Setiap produk yang diciptakan oleh Apple Inc. selalu menggunakan “Operating System” buatan mereka sendiri, yang menjadi sebuah keunikan karena diciptakan untuk market “End User” yang sangat nyaman untuk dioperasikan, walaupun membutuhkan waktu yang cukup panjang bagi Apple Inc. untuk melakukan riset. Hal ini bisa dibuktikan dari setiap produk yang diciptakan Apple selalu mempunyai umur kurang lebih 1 tahun.

Working Process

Apple Inc. team memang dipilih khusus dari orang orang “gila”, untuk menciptakan ide “gila” dari hal hal yang menurut pandangan orang biasa sulit untuk diciptakan. Hal ini yang menjadi kunci kekuatan dari Apple Inc. untuk menciptakan barang yang sangat inovatif dan dapat menjadi tolak ukur dari teknologi yang akan datang. Namun tentu nya teknologi ini tidak akan sekedar dari ide “gila” yang ada dari buah pikiran, namun semua ide yang ada itu, dikumpulkan ke dalam satu forum internal, dan disana mereka semua akan saling mencela dan menyanggah, sehingga terciptalah suatu titik tengah, dan hal itu akan menjadi sebuah gebrakan atau inovasi baru.

Satu contoh ketika pada bulan maret 2010, Apple Inc. memunculkan sebuah tablet PC bernama iPad, banyak kompetitor dan user yang menyanggah akan kesuksesan produk tersebut. Namun pada kenyataannya, produk tersebut malah menjadi sebuah tolak ukur akan sebuah tablet PC, dan banyak kompetitor lain yang ikut meramaikan pasar dengan tablet PC buatan mereka masing masing.

Dan walaupun Apple Inc. selalu memberi harga untuk produk ciptaan mereka dengan harga yang relatif tinggi, Apple tidak pernah sekedar memikirkan dari sisi teknologi saja, namun mereka melihat bagaimana customer membutuhkan sebuah produk yang nyaman untuk mereka pakai. Maka dari itulah, inovasi yang dibuat Apple Inc. selalu berumur 1 tahun dan ketika muncul, masyarakat akan dengan senang hati membeli nya, karena produk mereka telah melewati berbagai macam tes, dimana Apple Inc. bisa memastika bahwa produk ini user friendly.

Apple Inc. Product

Apple Inc. yang telah berdiri semenjak tahun 1976, telah banyak merilis produk produk di bidang IT dan Entertainment, yang sampai sekarang masih terus dikembangkan. Beberapa produk terakhir Apple Inc. adalah:

1. Apple iPhone 4

Dengan teknologi Retina Display yang dimiliki iPhone 4, kemampuan untuk melakukan Video Call,serta kemampuan prosesor yang sangat cepat bagi sebuah smartphone saat itu menjadikan iPhone 4 “The Best Smartphone Of The Year” pada tahun 2010.

2. Apple iPad 2

Mengulang kembali kesuksesan dari iPad pertama mereka, Apple kembali menciptakan iPad 2 dengan ukuran yang lebih tipis, kapasitas baterai yang lebih besar, dan tambahan kamera depan dan belakang untuk melakukan video call, menjadikan iPad 2 “Most Wanted Gadget” di awal tahun 2011 ini. Hal ini tentu menjadi idaman bagi banyak orang karena sekarang, melakukan video call dapat dilakukan dimanapun kapanpun.

3. Apple iPod Classic Gen 6

iPod Classic ini, merupakan salah satu produk yang menjadi batu loncatan bagi Apple di dunia entertainment. Pada tahun 2001, saat peluncuran iPod Classic Gen 1, banyak sekali celaan dari masyarakat akan produk ini, namun Apple kembali membuktikan kesuksesannya dengan penjualan yang spektakuler dan akhir nya malah menjadi tolah ukur sebuah media player portable. Hingga saat ini, iPod Classic telah mengalami perubahan hingga 6 kali, dan masih banyak orang yang memburu tipe iPod ini.

4. Apple iPod Shuffle Gen 4

iPod shuffle yang merupakan keluarga iPod terkecil ini, pertama kali ditunjukkan di Macworld Conference & Expo pada bulan Januari 2005. Apple Inc. sengaja membuat music player ini karena pangsa pasar penikmat musik pada saat itu merupakan pangsa pasar ekonomi menengah, sehingga diciptakanlah sebuah music player yang murah, namun berkualitas

5. Apple iPod Nano Gen 6

iPod Nano, merupakan iPod pertama yang menggunakan teknologi “Flash Drive” sebagai memory sehingga Apple dapat memangkas desain dan ukuran dari iPod Nano ini. iPod Nano ini diciptakan untuk membidik pasar diatas pasar iPod Shuffle dimana mereka berani membayar untuk sejumlah uang lebih banyak, dengan kemampuan yang lebih baik daripada iPod Shuffle.

6. Apple iPod Touch 4

iPod Touch, merupakah sebuah hasil persilangan antara iPod sebagai music player, dan iPhone sebagai digital assistance, gaming tools, dan lain lain, dimana fungsi telefoni dari iPhone dihilangkan untuk memangkas harga, bagi mereka yang tidak mau membayar banyak uang untuk iPhone, tetapi tertarik dengan fungsi fungsi digital yang ada di iPhone. iPod touch ini menjdi sebuah gebrakan bagi Apple Inc. karena ketika iPod Touch diluncurkan pada bulan september 2007, tingkat antusias masyarakat begitu tinggi dilihat dari hasil penjualan iPod Touch ini yang sangat tinggi.

7. Apple TV 2

Apple TV ini merupakan sebuah Digital Media Player yang generasi pertama nya menjadi sebuah tren untuk menonton film bioskop di TV sendiri. Proses kerja Apple TV ini cukup mudah, kita dapat membeli sebuah film yang kita miliki selamanya, atau kita dapat menyewa film tersebut untuk kurun waktu tertentu. Proses pembelian / penyewaan nya pun cukup mudah, kita hanya perlu mengakses iTunes yang ada di komputer komputer kita, dan pembelian film tersebut dapat dilakukan disana.

8. Macbook White

Macbook White ini merupakan laptop pertama berbasis Mac OS, yang membidik pangsa pasar menengah. Macbook ini menjadi suksesor ketika diluncurkan pada bulan Mei 2006 karena fungsi yang mudah digunakan dan kualitas yang bagus ketika keluar dari pabrik.

9. Macbook Pro

Macbook Pro merupakah laptop yang diciptakan untuk membidik pangsa pasar profesional, dimana kekuatan akan sebuah dekstop, dikemas sedemikian rupa sehingga bisa menjadi sebuah laptop yang powerfull, terutama untuk desain dan multimedia.

10. Macbook Air

Macbook Air membidik pangsa pasar menengah keatas, dimana mereka butuh mobilitas tinggi, dan kemampuan laptop yang mumpuni. Dengan desain yang tipis dan ergonomis, hal ini menjadikan Macbook Air sangat tipis, ringan, namun tetap powerfull seperti para pendahulu nya, Macbook White, dan Macbook Pro

11. Mac Mini

Mac Mini, merupakan sebuah desktop komputer berukuran kecil, yang membidik pangsa pasar “switcher” dimana mereka berpindah dari sebuah Windows PC, ke Mac PC, sehingga mereka hanya perlu mengganti motherboard nya, dan tetap bisa menggunakan layar desktop mereka.

12. iMac

iMac merupakan desktop PC yang didesain oleh Apple Inc. yang didesain sangat kompak sehingga semua komponen motherboard yang menghabiskan tempat, bisa disatukan di dalam sebuah layar namun tetap powerfull.

13. Mac Pro

Dan produk terakhir dari Apple Inc. adalah sebuah desktop computer, yang diberi nama Mac Pro yang membidik pasar profesional. Dengan spesifikasi desktop ini, Apple membidik pasar designer profesional, dan pasar dunia IT karena spesifikasi nya cocok untuk dibuat server juga.

Business Model

Model Bisnis Apple sangatlah simple, mereka tidak banyak tergantung dari penjualan unit yang mereka ciptakan, namun mereka banyak bergantung dari penjualan software yang mereka ciptakan, baik itu untuk Mac, maupun untuk iDevice mereka.

Penjualan software Mac banyak dilakukan melalui Apple Store resmi, atau distirbutor resmi yang ada di setiap kota di setiap negara. Namun sekarang, Apple menciptakan sebuah cara yang lebih simple bagi kita untuk membeli software yaitu melalui Mac App Store yang ada di setiap laptop dan desktop Mac, sehingga kita bisa menghemat biaya pembelian software tersebut karena hanya bermodalkan download.

Mereka juga banyak bergantung pada penjualan software untuk iDevice mereka. Pembelian software tersebut, bisa melalui sebuah media bernama iTunes yang ada di setiap komputer, baik itu Windows maupun Mac, atau bisa juga melalui App Store yang tersedia di setiap iDevice keluaran mereka.

Kesimpulan

Apple Inc. memang sebuah perusahaan “gila” yang mampu membuat sebuah gebrakan atau inovasi yang baru. seperti contoh nya setiap produk yang mereka keluarkan selalu menjadi sebuah tolak ukur akan sebuah gadget di masa depan

Advertisements

About Yonathan Susanto

Passionate about good food and beverages, photography, gadget, and technology. I love to hang around with some friends, managing a good talk, while having a good coffee or beer. View all posts by Yonathan Susanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: